Jumat, 09 Mei 2014

Teks hasil observasi

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas 7 peserta didik akan mempelajari teks hasil observari. Apakah teks hasil observasi itu? Teks hasil observasi yang disebut juga report merupakan sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya, tidak memasukkan opini penulisnya. Teks ini merupakan hasil observasi dan analisis secara sistematis.
Teks hasil observasi berisi fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Objek yang diamati bersifat umum.

Teks Deskripsi
Teks deskriptif merupakan teks yang memberikan informasi suatu hal atau benda secara detail. Hal yang dipaparkan dalam teks ini bisa menggambarkan ciri-ciri benda tersebut secara khusus.
Teks deskripsi adalah teks yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, juga paling sering digunakan dalam sastra, khusunya prosa.

Prosa merupakan teks tanpa gambar, sehingga dalam prosa diperlukan visualisasi untuk menghidupkan cerita agar menyerupai kehidupan sehari-hari. Visualisasi itu dapat dipenuhi oleh teks deskripsi.

Teks eksposisi:
1. Teks eksposisi analisis: teks eksposisi yang berusaha memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu masalah yang diakhiri dengan penguatan opini pnulis yang berupa simpulan.
2. Teks eksposisi hortatori: teks yang berusaha memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu masalah yang diakhiri dengan saran, anjuran, ajakan, imbauan, yang ditujukan pada pembaca.
Dalam teks eksposisi penulis menggunakan alasan atau argumen yang logis sebagai pendukung sehingga kebenaran isi teks dapat dipertanggungjawabkan.

Selain mempelajari teks observasi dan juga deskripsi, peserta didik juga belajar menulis cerpen. Dalam cerpen terdapat istilah INMedias Res yaitu teknik menulis cerita yang dimulai dari bagian tengah cerita, bukan dari awal cerita. Hal ini dimaksutkan agar cerita itu maka cerita akan menggunakan alur mundur atau flashback sehingga penyajian  cerita akan lebih menarik.
In medias res merupakan bahasa latin yang berarti ke bagian tengah dari sesuatu. In medias res pertama kali dicetuskan oleh Horace dalam karyanya yang berjudul Art Poetica.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar