Selasa, 27 Februari 2018

Manfaatkan Perpusda Untuk Literasi

Siswa SMP pada umumnya tidak menyukai kegiatan membaca. Kegiatan membaca dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Hal ini terlihat ketika pelajaran Bahasa Indonesia, pada waktu kegiatan membaca dan tidak ditunggui oleh guru, mereka tidak membaca, tetapi malah sibuk bermain dan bercerita pada teman- teman mereka. Bahkan ketika ditunggui oleh guru pun masih ada beberapa (±20% ) yang tidak membaca. Mereka pura- pura membaca saat guru berada di dekatnya, saat guru berkeliling kelas.
Ketidak sukaan membaca pada siswa SMP tersebut sebenarnya bisa diubah menjadi salah satu kebutuhan pokok jika kegiatan membaca ini sudah diperkenalkan orang tua sejak dini. Sejak masih batita, orang tua memperkenalkan huruf, kata dengan gambar yang sesuai, cerita dan buku- buku. Selain itu orsng tua juga bisa memperkenalkan anak batitanya dengan perpustakaan. Misalnya, di Wonosobo yang memiliki Perpustakaan Daerah (Perpusda) dengan kelengkapan isinya, yang juga menyediakan arena bermain dan belajar untuk anak batita dan balita. Bahkan menyediakan pula berbagai jenis buku dengan ruang baca yang nyaman. Selain itu perpusda juga menyediakan ruangan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan yang bermanfaat. Misalnya Komunitas Sastra Bimolukar yang memanfaatkan salah satu ruangan untuk kegiatan kesastraannya.
Selain hal itu, perpusda juga menyediakan Perpustakaan Digital dengan berbagai macam buku yang bisa diakses menggunakan internet dengan gratis.
Jika masyarakat mau memanfaatkan fasilitas yang disediakan Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang berupa Arsip dan Perpustakaan Daerah atau Arpusda, dengan kelebihan- kelebihan tersebut akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat dan perkembangan literasi. Anak- anak akan suka membaca sejak dini, akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan, selain itu pada akhirnya mereka juga akan senang menulis.

Maka dari itu matilah kita mulai dengan mengajarkan pada anak kita agar memiliki hobi membaca, memanfaatkan Perpustakaan Daerah yang ada dengan berbagai fasilitas yang disediakan dengan sebaik- baiknya, sehingga akan dapat menciptakan masyarakat yang suka membaca dan menulis.

Sealamt Ulang Tahun untuk Perpusda Wonosobo, semoga semakin maju, dan bisa menumbuhkan minat baca pada semua orang dan kalangan. semakin berkembang dan kreatif untuk menarik pengunjung, bisa mempunyai ruang baca yang santai, nyaman beserta music dan cafe' layaknya perpustakaan di negeri tetangga (amiiiin).

semoga tetep bisa berguna bagi seluruh warga wonosobo, koleksinya tambah banyaaak... amiin..

Postingan artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog#WonosoboSenengMaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar