Senin, 20 Oktober 2014

Pengetahuan Bahasa Indonesia Kelas VII

1. Teks hasil observasi adalah sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya. Teks ini merupakan hasil observasi dan analisis secara sistematis yang bersifat umum (general)
2. Teks laporan hasil observasi terdiri dari bagian pembuka berupa definisi umum, bagian isi berupa deskripsi bagian, dan bagian akhir berupa deskripsi kegunaan atau manfaaf
3. Kata transisi adalah kata-kata dalam bahasa Indonesia yang menghubungkan satu gagasan dengan gagasan lain.
4. Objek yang digambarkan dalam teks hasil observasi adalah sesuatu yang ada di sekitar kita pada umumnya, misalnya, binatang, tumbuhan, alam, perayaan, benda-benda, dan sebagainya.
5. Beberapa unsur kebahasaan yang dibutuhkan dalam memadukan teks laporan hasil observasi berupa kata, konjungsi, kata berimbuhan, dan kelompok kata (frasa).
6. Ringkasan adalah bentuk ringkas dari karangan yang masih memperlihatkan sosok dasar dari aslinya.
7. Langkah-langkah menyusun ringkasan teks hasil observasi:
a. Membaca teks hasil observasi
b. Mengidentifikasi intisari teks
8. Teks deskripsi adalah tulisan atau karangan yang menggambarkan sesuatu (objek) secara terperinci atau mendetail sehingga tampak seolah-olah melihat, mendengar, merasakan atau mengalami objek dan peristiwa yang dideskripsikan oleh penulis.
9. Teks eksposisi adalah tulisan yang tujuan utamanya mengklasifikasi, menjelaskan, mendidik, atau mengevaluasi sebuah persoalan.
10. Teks eksposisi terdiri dari beberapa bagian, yaitu tesis yang merupakan pendapat atau opini, bagian argumentasi atau alasan yang merupakan isi, dan bagian penegasan ulang yang merupakan bagian penutup.
11. Langkah-langkah menyusun teks eksposisu antara lain:
a. Menentukan tesis (pembukaan)
b. Menyusun argumen pendukunf tesis
c. Menyusun penegasan ulang (penutup)
12. Kalimat tunggal adalah bentuk kalimat yang terdiri dari dua unsur inti pembentuk kalimat dengan fungsi sintaksis minimal berupa subjek dan prefikat.
13. Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari satu subjek atau lebih dan dua predikat atau lebih. Kalimat tersebut dapat ditambahobjek atau keterangan jika diperlukan.
14. Teks eksposisi dapat memberikan informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca.
15. Kata-kata aspek adalah kata yang menunjukkan lamanya dan jenisnya perbuatan, misalnya sedang, telah, sudah.
16. Modakitas adalah kata yang mempunyai makna kemungkinan, keharusan, kenyataan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam kalimat. Misalnya harus, akan, ingin, mungkin.
16. Syair merupakan salah satu bentuk karya sastra yang berasal dari Arab. Syair terdiri dari beberapa bait, satu bait terdiri empat baris, setiap baris sekurang-kurangnya terdiri dari 8 sampai dengan 12 suku kata, memiliki rima (sajak) a-a-a-a, serta merupakan satu kesatuan yang utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar